.

SELAMAT DATANG .... MOHON MAAF...SITUS INI SEDANG DALAM PERBAIKAN...

Senin, 09 Juli 2012

PERSIAPAN LAHAN & PEKERJAAN TANAH




        Dalam membangun sebuah rumah, langkah- langkah pekerjaan yang diperlukan adalah pekerjaan perencanaan, pekerjaan pelelangan dan pekerjaan pelaksanaan pembangunan. Pekerjaan perencanaan dilakukan pada awal sebelum membangun rumah. Dengan perencanaan maka sebuah rumah akan dapat diselesaikan pengerjaannya tanpa adanya hambatan. Perencanaan di sini terdiri dari :
v  Perencanaan yang berkaitan dengan tanah
ü  Hendaklah memilih lahan yang berada di lokasi aman dari banjir dan tanah longsor.
ü  Tanah tersebut bukan tanah labil
ü  Berada pada lokasi yang memiliki kedalaman air tanah dangkal.
v  Perencanaan yang berkaitan dengan gambar
Hendaklah tersedia gambar, agar hasilnya sesuai dengan yang kita harapkan. Gambar yang mutlak diperlukan minimal berupa gambar tampak, gambar potongan, serta gambar denah dan lokasi tanah. Gambar-gambar tersebut diperlukan dalam pengurusan IMB (izin mendirikan Bangunan)
v  Perencanaan yang berkaitan dengan volume dan analisis pekerjaan
Dalam ilmu teknik bangunan biasanya penghitungan kebutuhan bahan bangunan menggunakan analisis pekerjaan yang terdiri dari kebutuhan bahan bangunan dan upah pekerjaan. Setelah diperoleh harga satuan pekerjaan, disusunlah RAB (Rencana Anggaran Belanja) atau RAP ( Rencana Anggaran Pelaksanaan).
v  Perencanaan yang berkaitan dengan penjadwalan waktu
Penjadwalan ini dibuat dalam bentuk tabel pekerjaan dengan waktu yang diharapkan agar jenis pekerjaan tersebut selesai dilaksanakan.
Setelah selesai dengan perencanaan, kegiatan selanjutnya adalah pekerjaan pelelangan. Namun, pekerjaan ini, tidak harus dilakukan, terlebih untuk rumah yang dibangunn sendiri, bukan diborongkan. Bila rumah dibangun sendiri, proses selanjutnya adalah pekerjaan pembangunan.

2. 1. PERSIAPAN LAHAN


Setelah lahan yang memenuhi kriteria didapatkan, langkah selanjutnya adalah persiapan lahan. Persiapan disini  terdiri dari :
v  Pembuatan pagar pembatas lokasi pekerjaan.
v  Perataan dan pembersihan lahan dari akar-akar pohon, kayu, dan sampah lainnya.
v  Pembuatan bedeng sebagai tempat istirahat dan juga sebagai tempat peralatan dan material.

Biasanya bedeng dibuat berukuran minimal 3 m x 4 m. Luas bedeng ini tergantung pada banyaknya material yang harus disimpan dan banyaknya pekerja yag menggunakan bangunan tersebut sebagai tempat beristirahat. Dapat saja luas bedeng disesuaikan dengan luas bangunan yang akan dibuat. Bedeng umumnya dibuat dari rangka kayu kaso, penutup dinding dari triplek, penutup atap dari seng gelombang dan penutup lantai dari beton tidak bertulang dengan ketebalan 8 cm.
v  Pekerjaan persiapan kebutuhan air untuk kebutuhan selama pembangunan.
 Bila sudah ada sumber air terdekat, dapat dialirkan dengan selang ke drum-drum penampung. Bila tidak ada, bisa membuat sumur pompa sendiri. 










v  Pekerjaan pembuatan bouwplank ( akan dibahas terpisah).
v  Persiapan kebutuhan listrik dengan menarik kabel ke jaringan listrik rumah tangga terdekat.
v  Persiapan keamanan, dengan menyediakan orang yang dipercaya untuk menjaga lokasi proyek.









2 komentar:

  1. silahkan didownload dengan menyertakan alamat asli blog berikut....pekerjaan tanah menyusul

    BalasHapus
  2. ada yg punya file autocad bedeng gak ya?

    BalasHapus